01 August 2006

Weblog

Cwilan Koran TM Edisi : 04/Juli/2006

Gempa merupakan salah satu kekuatan yang paling merusak di muka bumi. Derajat kerusakan yang ditimbulkannya tergantung dari besar kekuatan gempa, durasi, letak pusat gempa (episenter), dan kepadatan penduduk yang berada di wilayah episenter tadi. Umumnya, gempa yang mengakibatkan kerusakan parah terjadi lebih dari 4 menit.

Gempa bumi sendiri adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi. Biasanya, ini disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lémpéng bumi). Meski padat, bumi selalu bergerak. Gempa bumi terjadi apabila tekanan akibat pergerakan itu sudah terlalu besar untuk ditahan.

Ada 2 macam gempa bumi, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik disebabkan oleh perlepasan tenaga akibat pergeseran lempengan plat tektonik. Bayangkan layaknya gelang karet yang ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Sementara gempa vulkanik disebabkan oleh naiknya magma di dalam gunung berapi, hingga gesekan batu-batuan disekitarnya menghasilkan gempa bumi.

Sebenarnya setiap hari terjadi gempa bumi. Namun, kebanyakan kekuatannya kecil dan tidak menyebabkan kerusakan apa-apa. Gempa bumi kecil juga sering berdekatan dengan gempa bumi besar, entah itu terjadi sesudah, sebelum, atau selepas gempa bumi besar tersebut.

www.edc-magazine.com