03 May 2006

Kabare Jogja

Cwilan Koran TM edisi 02/Mei/2006

Ada apa dengan Jogja kita ??? Lalu apa hubungannya dengan kita ???

Ya namanya juga cwilan Koran, so sedikit info aja and sekedar tahu buat kita aja.

Di Jogja, saat ini banyak sekolahan menengah yang ingin menyelenggarakan pendidikan internasional, atau tepatnya pendidikan nasional bertaraf internasional.

Di Thailand, sekarang sudah berdiri tegak 145 sekolah internasional (80 % berada di Bangkok). Di Jakarta, dipelopori oleh Pelita Harapan (1980-an). Yang kemudian bermunculan pula sekolah-sekolah internasional seperti, Bina Nusantara, Global Jaya, Global Bintaro, Raflesia, Global Pondok Indah, Saint Peter, dll.

Lain Bangkok, lain Jakarta, lain pula di Jogja. Sekolah-sekolah yang berbau internasional di Jogja tidak diberi label sekolah internasional tetapi sekolah nasional bertaraf internasional.

Kalo di Bangkok dan Jakarta, inisiatif penyelenggaraan sekolah internasional dilakukan oleh pihak sekolah. Segala sesuatunya dipersiapkan sejak awal. Tetapi di Jogja, inisiatif dan penyelenggaraan dimulai dari sekolah-sekolah negeri yang sudah berdiri.

7 sekolah di Jogja siap menjadi sekolah nasional bertaraf internasional.

4 sekolah ditunjuk Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, yaitu SMA N 1 Kasihan Bantul, SMA N 1 Jogja, SMA N 3 Jogja, dan SMA Muh. 2 Jogja.

Dan 3 sekolah yang berinisiatif sendiri yaitu, SMK N 1 Bantul, SMK N 2 Depok Sleman, dan SMK N 2 Wonosari.

Wah….ternyata sekolahan kita bakal maju nèch….alhamdulillah….

So, kita nantikan kabarè Jogja selanjutnya

(sumber : Kompas,1 April 2006)